top of page

Ketahui Apa Itu Teleconference

Di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan work from home dan juga belajar dari rumah merupakan kedua hal yang wajib dilaksanakan untuk menghindari kerumunan. Solusi yang paling efektif adalah dengan dilaksanakannya telekonferensi atau teleconference.


Definsi Teleconference

Teleconference merupakan pertemuan sejumlah orang yang terjadi secara virtual melalui sambungan media digital. Dikenal juga dengan istilah telewicara atau teleseminar. Aktivitas ini sudah mulai umum pada awal tahun 2000-an. Pada awalnya, media yang digunakan hanya sebatas telepon atau televisi. Namun, seiring perkembangan tekonologi, kini teleconference dapat menggunakan teknologi yang lebih canggih, seperti tablet dan ponsel pintar yang memiliki fitur yang lebih mumpuni untuk teleconference, antara lain aplikasi teleconference dan jaringan internet kilat.


Jenis Jenis Teleconference Berdasarkan Media Yang Digunakan:

1. Audio Teleconference

Jenis yang pertama ini hanya mengandalkan suara saja. Peserta dihubungi melalui sambungan telepon secara interaktif. Kemudahan yang bisa anda dapat dari jenis teleconference yang ini adalah tidak memerlukan aplikasi tertentu atau jaringan internet. Cukup hanya dengan isi pulsa reguler saja.


2. Audio-Graphic Teleconference

Di samping menggunakan telepon sebagai media yang primer, aktivitas ini juga didukung oleh sejumlah informasi visual seperti gambar, slide presentasi atau video.


3. Web Teleconference

Aktivitas ini lazim kita kenal dengan istilah webinar atau web seminar. Layanan ini menggunakan media web selama teleconference berlangsung, seperti media suara dan visual. Fiturnya yang tersedia pun banyak macamnya, contohnya; teks, mute/unmute audio, atau pengaturan yang memungkinkan kita hanya bisa mendengar suaranya saja, tanpa melihat gambar atau visual (video). Jenis ini sangat umum digunakan untuk meeting kantor atau belajar online.


4. Video Teleconference

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa video merupakan media yang disebut-sebut paling efektif untuk melakukan teleconference. Hal ini menjadikan telekonferensi berubah fungsi menjadi pertemuan tatap muka, namun secara virtual. Semua orang langsung bisa berinteraksi langsung secara cukup mudah. Jenis teleconference ini merupakan yang paling lazim digunakan di zaman sekarang.


Kelebihan dan Kekurangan Dari Teleconference

Sudah pasti bahwa kegiatan teleconference memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal ini didasari pada kenyamanan seseorang, bahkan pertimbangan khusus, sehingga bisa diketahui secara pasti apa saja yang menjadikan adanya kelebihan dan kekurangan dengan keberadaan teleconference ini.


Kelebihan dari adanya teleconference antara lain; dapat berkomunikasi serempak secara mudah, fitur bagi pengguna untuk saling berbagi file seperti video ataupun gambar secara mudah, menghemat biaya pertemuan, menghemat waktu berkomunikasi, akses yang tidak terbatas atau unlimited, serta penggunaan dan akses yang mudah.


Kekurangan dari adanya teleconference antara lain; biaya yang dibilang cukup mahal untuk kalangan atau organisasi tertentu disebabkan oleh keterbatasan biaya, jaringan atau sinyal yang sulit dijangkau di daerah tertentu, serta sekelompok orang atau masyarakat tertentu yang tidak begitu paham soal cara penggunaan teknologi masa kini.


Dari penjelasan artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap teknologi informasi, tentu saja diperlukan pembaharuan atau upgrade secara rutin untuk mempermudah orang menggunakannya. Begitu juga dengan teleconference, yang mana harus didukung dengan jaringan yang memadai, serta fitur yang mendukung dan cukup canggih. Demikian informasi mengenai pengertian teleconference, beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Diharapkan informasi ini berguna bagi anda semua yang ingin menggunakan metode teleconference untuk kegiatan rapat atau pembelajaran.

2 views
bottom of page